Iran Luncurkan Kargo Penelitian ke Luar Angkasa

20170727-peluncuran-satelit-simorgh
Peluncuran satelit Simorgh pada peresmian Pangkalan Luar Angkasa Nasional Imam Khomeini. Kamis 27 Juli 2017.

maiwanews – Iran berhasil mengirim tiga kargo penelitian ke luar angkasa menggunakan pembawa satelit Simorgh, kata Seyed Ahmad Hosseini, juru bicara Kementerian Pertahanan negara itu.

Ahmad Hosseini mengklaim peluncuran itu berjalan dengan baik, kinerja pusat ruang angkasa dan pembawa satelit dilakukan dengan benar dan tujuan penelitian tercapai.

Dalam pernyataan hari Kamis 30 Desember, Ahmad Hosseini menjelaskan, pada misi luar angkasa penelitian tersebut, untuk pertama kalinya tiga kargo penelitian dikirim secara bersamaan ke ketinggian 470 kilometer di atas bumi dengan kecepatan 7350 km/s.

Data telemetri dari proses peluncuran ini telah dikumpulkan sepenuhnya, kata juru bicara itu, seraya menambahkan bahwa setelah menganalisis data dan kinerja, perencanaan akan dilakukan untuk peluncuran operasional. Hosseini mengatakan peluncuran itu mengikuti beberapa pencapaian dalam program luar angkasa sipil Iran.

Sebelumnya, pada 2017 lalu, Iran berhasil meluncurkan Simorgh di Pangkalan Luar Angkasa Imam Khomeini dengan misi menempatkan satelit ke orbit. (Tasnim News Agency/hiu)