Iran Perkuat Angkatan Darat dengan 1.000 “Drone” Militer

maiwanews – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Iran segera melengkapi Angkatan Darat dengan 1.000 drone militer. Senin 17 Mei kementerian itu menandatangani perjanjian strategis terkait peningkatan kekuatan pesawat militer tanpa awak beserta peralatannya. Seribu unut pesawat nirawak itu masuk dapal perjanjian tahap pertama.

Dalam komentar di acara tersebut, Panglima Angkatan Darat Mayor Jenderal Abdolrahim Mousavi menyoroti meningkatnya kekuatan pesawat tanpa awak Angkatan Darat, ia mengatakan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) semakin banyak digunakan untuk berbagai tujuan.

Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal (Brigjen) Amir Hatami juga mengatakan kepada wartawan setelah menandatangani perjanjian bahwa Iran berada di peringkat kelima atau keenam di dunia dalam hal kemampuan pesawat tanpa awak.

Brigjen Hatami menilai saat ini pesawat tanpa awak memainkan peran penting dalam misi pengintaian dan pertempuran, industri militer Iran telah menjadi mandiri dalam pembuatan pesawat tanpa awak canggih.

Januari lalu Angkatan Darat (AD) Iran menggelar latihan perang besar-besaran menggunakan berbagai drone lokal untuk berbagai operasi. Termasuk intersepsi udara, peluncuran rudal udara-ke-udara, peledakan target darat dengan bom dan rudal dengan akurasi tepat, dan serangan bunuh diri.

Pejabat militer mengatakan para ahli Angkatan Darat telah secara dramatis meningkatkan ketahanan penerbangan UAV bunuh diri, sembari membuat drone dengan jangkauan operasional hingga empat ribu kilometer. (Tasnim)