Iran Puji Upaya Indonesia Selamatkan Kesepakatan Nuklir

maiwanews – Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif mengapresiasi dukungan Indonesia di Dewan Keamanan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015. Kesepakatan itu dikenal dengan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA)

Dalam pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) diadakan di Jakarta, Zarif mengungkapkan kesiapan Iran untuk mempromosikan hubungan persaudaraan antara kedua negara Muslim tersebut. Ia juga memuji sikap prinsipil Indonesia untuk menyelamatkan JCPOA dan mengimplementasikan Resolusi DK PBB 2231.

Menlu Zarif lebih lanjut menunjuk pada negosiasi dengan mitranya dari Indonesia pada hari sebelumnya, mengungkapkan kepuasan dengan perluasan hubungan perdagangan antara kedua negara dan perjanjian untuk menggunakan kapasitas Komisi Bersama Kerjasama Ekonomi untuk memperkuat hubungan bilateral.

Sementara itu Presiden Jokowi menekankan perlunya meningkatkan hubungan dengan Iran, dengan mengatakan kontak dengan mitranya dari Iran terus berlanjut meskipun ada pembatasan setelah merebaknya pandemi virus korona.

Presiden Jokowi juga menyoroti kapasitas cukup besar untuk hubungan ekonomi antara Jakarta dan Teheran, menyerukan konsultasi terus menerus antara kedua belah pihak untuk menggunakan kapasitas tersebut dan meningkatkan hubungan perdagangan. (Tasnim)