Iran Resmikan Proyek Saluran Air Desalinasi dari Laut

maiwanews – Iran Minggu 14 Maret meresmikan lima proyek untuk mentransfer air desalinasi dari Teluk Persia dan Laut Oman ke provinsi-provinsi pedalaman gersang. Peresmian dilakukan oleh Presiden Hassan Rouhani melalui konferensi video.

Melalui proyek itu, jaringan pipa baru memasok air desalinasi dari pantai selatan ke daerah gurun dan pabrik industri di beberapa provinsi, termasuk Hormozgan, Kerman, Yazd, Isfahan, Khorasan Selatan, Khorasan Razavi, Sistan dan Balouchestan.

Proyek infrastruktur tersebut dilakukan oleh pihak swasta dengan menyediakan lapangan kerja bagi 54000 orang. Presiden Rouhani dalam pidatonya mengatakan di sektor air telah terjadi revolusi besar, bukan sekedar lompatan sederhana.

November 2020 lalu Presiden Rouhani mengatakan pemerintah telah memanfaatkan teknologi desalinasi secara besar-besaran di seluruh negeri.

Untuk mendukung proyek, Kementerian Energi telah melakukan studi kelayakan di 17 provinsi di dataran tinggi tengah Iran serta di wilayah pesisir Teluk Persia dan Laut Oman, ungkap Presiden Rouhani. (Tasnim)