Iran Rusia Koordinasikan Rencana Jelang Rapat Pleno JCPOA

maiwanews – Negosiator Iran dan Rusia mengadakan pembicaraan ekstensif di Wina beberapa jam sebelum pertemuan baru Komisi Gabungan JCPOA. Pertemuan itu akan menilai hasil negosiasi oleh tiga kelompok kerja khusus selama beberapa hari terakhir.

Tim negosiator Iran dan Rusia, dipimpin Abbas Araqchi dan Mikhail Ulyanov, mengadakan pertemuan di ibukota Austria pada Sabtu pagi 1 Mei untuk melakukan koordinasi kebijakan mereka sebelum pertemuan Komisi Gabungan JCPOA.

Negosiator kedua negara menekankan perlunya koordinasi antara sikap Teheran dan Moskow dalam pembicaraan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA) atau biasa juga disebut dengan kesepakatan nuklir Iran.

Dalam pertemuan tersebut, Ulyanov menegaskan kembali dukungan Rusia untuk kesepakatan nuklir 2015 dan menekankan perlunya penghentian sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran.

Sidang JCPOA hari Sabtu 1 Mei akan dihadiri oleh ketua delegasi dari pihak yang tersisa dalam kesepakatan nuklir 2015, yaitu Iran, Rusia, China, Inggris, Prancis, dan Jerman.

AS meninggalkan JCPOA pada 2018 dan memulihkan sanksi ekonomi terhadap Iran. Sanksi itu telah dicabut oleh perjanjian JCPOA. Teheran membalas dengan langkah-langkah perbaikan nuklir berdasarkan Paragraf 36 JCPOA. (Tasnim)