Iran-rusia Sepakati Kelompok Turis 5-50 Orang Hanya Butuh 1 Visa

maiwanews – Pejabat pariwisata senior dari Iran dan Rusia menyelesaikan rencana aksi bersama. Kesepakatan itu memungkinkan warga kedua negara untuk bepergian dalam kelompok 5 hingga 50 orang dengan satu visa, tidak diperlukan visa per individu.

Dalam pertemuan di Moskow hari Senin 7 Juni, Ali Asghar Mounesan (Menteri Warisan Budaya, Pariwisata, dan Kerajinan Iran) dan Doguzova Zarina Valeriyevna (Kepala Badan Federal Rusia untuk Pariwisata) menyelesaikan rencana aksi bersama untuk menerapkan perjanjian bebas visa. Perjanjian itu telah ditandatangani pada Maret 2017 lalu.

Kesepakatan itu memungkinkan wisatawan dari kedua negara untuk melakukan perjalanan ke Iran dan Rusia melalui perusahaan terakreditasi, dan seluruh kelompok akan menerima satu visa.

Dalam komentar pada pertemuan itu, Mounesan mengatakan lebih dari 60 ribu orang Iran biasa melakukan perjalanan ke Rusia setiap tahun sebelum merebaknya virus corona, mengungkapkan harapan bahwa penghentian pandemi akan membantu ledakan industri pariwisata di kedua negara.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan tajam dalam jumlah wisatawan Iran bepergian ke Rusia, terutama ke Moskow dan Saint Petersburg. (z/tasnimnews)