Iran Siap Lanjutkan Pembicaraan Kesepakatan Nuklir 2015

hossein-amir-abdollahian-diakses-20210922
Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian.

maiwanews – Menlu (Menteri Luar Negeri) Iran Hossein Amir Abdollahian menyatakan Teheran siap melanjutkan pembicaraan terkait upaya membangkitkan kembali kesepakatan nuklir 2015 (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA). Tasnim News Agency Rabu 22 September melaporkan bahwa pernyataan itu disampaikan kepada kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell.

Namun Menlu Amir Abdollahian menegaskan Teheran menginginkan ada tindak lanjut dalam bentuk aksi nyata. Ia menggarisbawahi dalam pertemuan itu bahwa pemerintahan Presiden Iran Ebrahim Raisi pragmatis dalam kerangka prinsip dan mengejar hasil praktis dalam pembicaraan tentang kebangkitan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Dalam pertemuan di sela sesi ke-76 Majelis Umum PBB di New York hari Selasa, Menlu Amir Abdollahian pemerintah Iran sedang mengkaji dokumen negosiasi di masa lalu. Iran tidak ingin membuang waktu atas perilaku tidak konstruktif.

Iran mengecam kebijakan tidak konstruktif Washington tentang Iran dan JCPOA, Amir Abdollahian mengatakan pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengkritik kebijakan pendahulunya Donald Trump secara lisan, tetapi pendekatannya sama saja mengenai Iran dalam praktiknya. (z/Tasnim News Agency)