Iran Tingkatkan Kemampuan Tempur Angkatan Laut

20211128-shahram-irani
Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Shahram Irani. Minggu 28 November 2021.

maiwanews – Iran meningkatkan kemampuan tempur angkatan lautnya dengan beberapa langkah termasuk pembaruan rudal dan peningkatan jumlah kapal perang. Hal itu disampaikan Komandan Angkatan Laut (AL) Iran Laksamana Muda Shahram Irani.

Sistem pertahanan udara di kapal perang Iran dilengkapi rudal baru jenis permukaan-ke-udara, kata Laksamana Shahram dalam wawancara dengan kantor berita swasta Iran Tasnim News Agency Minggu (28/11/2021). Ia menambahkan, saat ini sedang diupayakan diversifikasi sistem pertahanan udara di kapal tempur, karena taktik pertahanan udara melibatkan berbagai jangkauan pertempuran.

Selain pembaruan rudal, Iran juga berencana memproduksi kapal baru serta meningkatkan jumlah kapal selam dan kapal perang logistik. Laksamana Shahram Irani mengatakan fitur pembeda dari kapal kelas Mowj baru adalah kemampuan melawan musuh di atas dan di bawah air, bahkan di udara.

Komandan itu mengatakan serangkaian kontrak akan segera ditandatangani untuk pembangunan kapal perusak berat baru. Angkatan laut sedang mengembangkan kapal perang pelatihan bernama Loqman. Sementara kapal militer lokal lainnya, Talaeiyeh, akan bergabung dengan armada angkatan laut tahun depan. Dalam waktu dekat, kapal perang Damavand-II akan bergabung dengan armada laut Iran.

Upaya memperkuat kemampuan udara angkatan laut semakin lengkap dengan rencana mengadakan pesawat nirawak (drone) canggih dengan daya tahan penerbangan besar di atas laut.

Drone itu dikatakan harus efektif dalam operasi amfibi. “Kami mencoba memanfaatkan drone berbasis laut dengan kemampuan operasional untuk memperluas jangkauan operasional dan dominasi intelijen kami” kata Laksamana Muda Shahram Irani. (*)