Iran-Turki Jajaki Kerja Sama untuk Perkuat Hubungan Bilateral

ebrahim-raisi
Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam sebuah panggilan telepon.

maiwanews – Iran dan Turki menjajaki kerja sama lebih erat untuk memperkuat hubungan bilateral. Hal itu terungkap dalam pembicaraan melalui telepon antara kedua pemimpin.

Kantor kepresidenan Iran hari Sabtu (22/01/2022) pukul 20:51 malam waktu Teheran melaporkan, Presiden Iran Ebrahim Raisi menjawab panggilan telepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dalam percakapan telepon, Presiden Iran dan Turki membahas hubungan bilateral dan regional dan menekankan perlunya memperkuat tingkat kerja sama dan koordinasi antara Teheran dan Ankara.

Presiden Raisi pada pembicaraan itu menyatakan negaranya memiliki visi jangka panjang dan komprehensif dalam hubungan dan kerja sama dengan Turki. Ia menyambut baik perencanaan kerja sama strategis dengan Turki.

Menurut Presiden Raisi, perlu menghormati kedaulatan dan integritas teritorial negara-negara sebagai satu-satunya cara untuk menciptakan keamanan dan stabilitas secara langgeng di berbagai bagian kawasan.

Presiden Erdogan pada kesempatannya menyampaikan minat untuk segera mengunjungi Teheran, menyatakan bahwa Turki telah menyiapkan daftar berbagai kerjasama ekonomi untuk memperkuat hubungan dengan Republik Islam Iran.

Mengenai pasokan energi dari Iran, Presiden Erdogan mengatakan, Turki menganggap Iran dapat diandalkan sebagai pemasok energi, Ankara berupaya meningkatkan tingkat kerjasamanya dengan Teheran.

Merujuk pada kunjungan Presiden Raisi ke Moskow dan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Erdogan menyampaikan harapan agar hasil dan capaian bermanfaat dari kunjungan itu akan segera dirasakan di berbagai kawasan. Ia menambahkan, kerja sama negaranya dengan Iran perlu dilakukan untuk mencapai keamanan regional. (hiu)