Islamic Development Bank Beri Hibah USD 265.000

maiwanews – Bank Pembangunan Islam (Islamic Development Bank/IsDB) memperkuat kehadiran dan dukungannya terhadap Indonesia melalui fasilitas Bantuan Teknis (BT). Bantuan IsDB diberikan untuk mendukung pengembangan proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sektor Transportasi di Negara Anggota.

IsDB akan memberikan hibah sebesar US $265.000 kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Indonesia. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk membangun dan memperkuat kapasitas Kemenhub dalam upaya mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai proyek KPBU sektor transportasi.

Kepala Hub Regional IsDB Indonesia, Ibrahim Shoukry, (dikutip Kemenhub Jum’at 15 Mei) mengatakan sektor transportasi merupakan salah satu kepentingan utama pemerintah. Dalam lima tahun terakhir, Ibrahim mengklaim pemerintah telah meningkatkan komitmen politik dan keuangan untuk menangani program pembangunan infrastruktur sektor transportasi.

Upaya tersebut menghasilkan berbagai proyek infrastruktur transportasi prioritas. Namun upaya pemerintah terkendala oleh kondisi geografis. Untuk itu pemerintah menggunakan pendekatan inovatif.

Peran Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dikatakan penting dalam mempercepat peningkatan hasil konkrit infrastruktur transportasi. Karena itu bantuan IsDB akan mendukung upaya pembangunan kapasitas teknis Kemenhub.

IsDB dan Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan Kantor Bersama KPBU, termasuk Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), dan lain-lain, guna memastikan keberhasilan implementasi bantuan teknis ini dan keberlanjutan penawaran proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang potensial dan berkualitas ke pasar. (Kemenhub)