Israel Longgarkan Lockdown, Umat Islam Shalat di Al Aqsa

maiwanews – Umat Islam kembali dapat menuaikan ibadah shalat Jumat pada 12 Februari di Masjid Al Aqsa setelah otoritas Israel melonggarkan kebijakan lockdown ketiga diwilayah itu. Sebelumnya, saay penutupan wilayah dan penghentian kegiatan dilakukan, selain warga Kota Lama Yerussalem tidak diizinkan masuk ke kawasan Masjid Al Aqsa.

Kawasan tersebut merupakan tempat tersuci ketiga bagi umat muslim setelah Mekkah dan Madinah. Di kawasan Al Aqsa terdapat Kubah Batu (Dome of Rock), oleh umat Islam dikenal sebagai Al Haram Asy Syarif (tanah suci mulia).

Tidak hanya bagi orang beragama Islam, di kawasan itu juga ada tempat suci bagi Yahudi karena menjadi lokasi beberapa situs kuno yaitu Temple Mount.

Kebijakan lockdown diambil otoritas Israel untuk ketiga kalinya pada Desember 2020 lalu. Langkah karantina wilayah itu diambil saat perebakan baru virus COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) menjadi tidak terkendali.

Data Departemen Kesehatan menyebutkan 700 ribu lebih kasus korona ditemukan sejak mulai merebak pada Maret 2020. 5.286 diantaranya adalah kasus kematian.

Mengatasi pandemi, Israel melakukan kampanye vaksinasi, 3,7 juta warga Israel divaksinasi dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech dan 2,3 juta orang telah menerima vaksin dosis kedua. (VOA)