Jaksa Agung Tegur Jampidsus M Amari

hary tanoemaiwanews – Buntut pertemuannya dengan Bos MNC Group Hary Tanoe, Jaksa Agung Hendarman Supandji, memberikan teguran kepada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), M Amari.

Amari ditegur karena bertemu dengan Hary Tanoesudibjo beberapa waktu untuk membicarakan soal keinginannya menggati kerugian negara yang ditimbuklan oleh kasus Sismimbakum. “Sudah dilarang Jaksa Agung, karena menimbulkan polemik,” kata Marwan.

Kasus Sisminbakum yang menjerat kakak Hary Tanoe, Hartono Tanoesudibjo itu diperkirakan mengakibatkan kerugikan negara sebesar Rp 420 miliar.

Pertemuan ang dimediasi mantan Jambin itu dipersoalkan oleh banyak kalangan sebagai melanggar etika karena Hary Tanoe adalah keluarga orang yang sedang berperkara.

“Orang-orang itu suudzon (buruk sangka) saja. Terkait pertemuan itu dianggap sudah selesai,” kata Jaksa Agung MUda Pengawasan, Marwan Effendi, di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin 26 Juli 2010.

Namun menurut Marwan, Kejaksaan belum melihat adanya pelanggaran dalam pertemuan yang berlangsung selama 30 menit itu. Pertemuan tersebut menurut Amari sebelumnya, telah dilaporkan ke Jaksa Agung.