Jalan Burung-Burung Gowa Masuki Tahap Uji Sampel Lingkungan

maiwanews – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memprioritaskan ruas jalan provinsi Jalan Tun di Kabupaten Gowa, yakni ruas Burung-Burung. Ada tiga ruas yang ditangani pada paket Burung-Burung, yaitu Jalan Yasin Limpo, Jalan Burung-Burung – Bili-Bili dan Jalan Burung-Burung – Benteng Gajah.

Saat ini untuk penanganan ruas burung-burung – Bili-Bili dengan anggaran Rp.6,5 miliar memasuki tahap pengujian sampel lingkungan oleh Laboratorium Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Sulsel.

Sementara, Kepala Dinas DPLH Sulsel, Andi Hasbi mengatakan, bahwa pada prinsipnya pelaksanaan kegiatan Pemprov juga wajib melakukan pengelolaan lingkungan untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan, termasuk pada pelaksanaan pengerjaan jalan

bukan hanya kegiatan pelaku usaha atau swasta yang diwajibkan melakukan pemantauan dan pengelolaan lingkungan tetapi pelaksanaan kegiatan Pemprov.

“Pinsipnya pelaksanaan kegiatan Pemprov juga wajib melakukan pengelolaan lingkungan, termasuk pelaksanaan pekerjaan jalan untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan,” ujar  Kepala Dinas DPLH Sulsel, Kamis (14/07/2022).

Untuk pengujian kualitas udara juga dilakukan. Pengujian ini digunakan untuk mengetahui apakah kegiatan yang berlangsung dalam pembangunan tidak melampaui baku mutu udara ambien (ukuran batas atau kadar zat). 

“Bila didapati data yang melebihi baku mutu ambien, maka harus dihentikan dan dilakukan perbaikan tata cara pelaksanaan maupun teknologi yang digunakan,” ujar Andi Hasbi.

Hasil uji coba ruas jalan ini sebelumnya kualitas udara ambien di lokasi proyek masih jauh di bawah baku mutu yang dipersyaratkan atau masih tidak berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan yang ada di sekitar pelaksanaan kegiatan. (i)