Jane Fonda Terima Penghargaan Cecil B. DeMille

maiwanews – Jane Fonda Minggu 28 Februari menerima penghargaan prestasi sepanjang masa Cecil B. DeMille secara virtual dalam malam penghargaan Golden Globes. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pers Asing Hollywood.

Jane Fonda dalam keterangannya di malam penghargaan itu meminta keragaman ditingkatkan. Ia juga mengingatkan bahwa penuturan kisah (storytelling) penting agar masyarakat saling memahami.

Wanita bernama lengkap Jane Seymour Fonda ini lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, pada 21 Desember 1937. Anak dari pasangan Henry Fonda dan Frances Ford Seymour ini menikah dengan Roger Vadim tahun 1965, namun cerai pada 1973. Masih di tahun 1973 ia menikah dengan Tom Hayden namun pisah pada tahun 1990. Tahun 1991 ia menikah dengan Ted Turner, namun kembali bercerai pada 2001.

Fonda merupakan salah seorang bintang film ternama tahun 1960an hingga 1970an. Debut profesionalnya dimulai tahun 1060 di panggung Broadway dan layar kaca. Beberapa film Fonda diantaranya adalah “Tall Story”, “barbarella”, “They Shoot Horses, Don’t They?”, “Klute”, “Steelyard Blues”, “On Golden Pond”, dan “9 to 5”.

Selain sebagai aktris, Jane Fonda juga dikenal sebagai aktifis politik. Ia merupakan salah satu tokoh dalam kampane menentang perang Vietnam pada 1970an. Ia juga aktif dalam kampanye anti perang Irak tahun 2003. Belakangan ini Fonda aktif menyuarakan bahaya perubahan iklim. (VOA/Wikpedia)