Jokowi Bertemu Zelenskyy, Wujud Kepedulian Indonesia ke Ukraina

20220630-joko-widodo-jokowi-volodymyr-zelenskyy-pub29jun2022
Presiden Indonesia Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Rabu, 29 Juni 2022, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

maiwanews – Presiden Joko Widodo menyatakan kunjungannnya ke Ukraina merupakan wujud kepedulian rakyat Indonesia terhadap Ukraina. Pemerintah Indonesia akan berupaya memberi bantuan termasuk obat-obatan dan rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kota Kyiv.

“Saya sampaikan ke Presiden (Ukraina -red) Zelenskyy bahwa kunjungan ini merupakan manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina”, demikan disampaikan Presiden Jokowi seusai pertemuan hari Rabu (29/06/2022) di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, sebagaimana dikutip BPMI Setpres.

Kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Presiden Jokowi (Joko Widodo) menegaskan posisi Indonesia akan pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Semangat menenmpuh penyelesaian damai atas konflik Ukraina dengan Rusia dikatakan tidak boleh luntur, meski Presiden Jokowi mengakui bahwa hal ini tidak mudah. Dalam kaitan ini, Presiden Jokowi menawarkan untuk menyampaikan pesan dari Presiden Zelenskyy ke Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menegaskan pentingnya Ukriana dalam rantai pasok pangan dunia. Perlu upaya agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan, termasuk lewat pelabuhan laut.

Terkait rencana KTT G20 (Konferensi tingkat Tinggi Grup 20), Presiden Jokowi menyampaikan lagi undangan kepada Presiden Zelenskyy. KTT G20 rencananya digelar bulan November tahun ini di Bali.

Menyinggung hubungan bilateral kedua negara, Presiden Jokowi menyampaikan komitmen untuk memperkokoh kerja sama bilateral. Tahun ini merupakan tahun ke-30 hubungan dipolmatik Indonesia-Ukriana.

Presiden Zelenskyy pada kesempatannya menyampaikan apresiasi. Ia menyampaikan bahwa ini merupakan kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak konflik dengan Rusia. Presiden Zelenskyy menyampaikan undangan partisipasi kepada kalangan usaha Indonesia dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang. (z)