Jokowi Kunjungan Kerja ke Aceh, Resmikan Ruas Tol Pertama

maiwanews – Presiden Joko Widodo Selasa 25 Agustus melakukan kunjungan kerja sehari ke Provinsi Aceh. Rombongan terbatas bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekira pukul 08.00 WIB.

Pada kunjungan kerja (kunker) itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4. Ruas tol ini menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang, terbentang sepanjang 74 kilometer dan merupakan ruas tol pertama di Provinsi Aceh.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan harapannya agar pembangunan jalan tol ini nantinya dapat memacu akselerasi pertumbuhan ekonomi di Bumi Serambi Mekah dan membuka lapangan kerja seluasluasnya. Infrastruktur baru tersebut melahirkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, membangkitkan perekonomian di Aceh secara luas, dan tentu saja menciptakan lapangan kerja sebanyakbanyaknya.

Ucapan terima kasih disampaikan Presiden Jokowi kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Aceh, karena telah mendukung jalannya pembangunan infrastruktur tersebut. Juga terima kasih atas lancarnya proses pembebasan lahan untuk pembangunan. Proses pembebasan lahan tersebut disebut sebagai pembebasan lahan tercepat. 74 kilometer dari Banda Aceh ke Sigli sudah 86 persen.

Ke depannya, jalan tol di Aceh akan terhubung dengan jalan-jalan tol lainnya di Pulau Sumatera hingga berakhir di Lampung. Ruas-ruas tol itu nantinya menjadi bagian dari tol trans-Sumatera sepanjang 2.765 kilometer, ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan ini dikatakan Presiden Jokowi akan meningkatkan multiplier effect dua sampai tiga kali serta akan menyerap tenaga kerja sebanyak 296 ribu secara langsung untuk 18 ruas. Saat ini sudah menyerap 24.700 tenaga kerja. (BPMI Setpres)