Jokowi Lantik Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara

maiwanews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik gubernur dan wakil gubernur (wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Utara (sulut). Pelantikan dilaksanakan hari Senin 15 Februari di Istana Negara Jakarta dengan menjalankan protokol kesehatan.

Untuk Provinsi Kalimantan Utara, Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen T.P., sedangkan untuk Sulawesi Utara dilantik Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw. Mereka dilantik untuk masa jabatan 2021-2024.

Prosesi diawali penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden oleh Presiden Jokowi kepada para terlantik di Istana Merdeka. Dilanjutkan dengan prosesi kirab menuju tempat pelantikan di Istana Negara.

Kirab terlantik dilakukan bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Kirab diiringi pasukan kehormatan Paspampres dengan jumlah terbatas yaitu 4 orang.

Zainal Arifin dan Yansen dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 19/P Tahun 2021, sedangkan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21/P Tahun 2021. (BPMI Setpres)