Jokowi: Pemerintah Sangat Terbantu Aksi Solidaritas dan Kepedulian Ormas Islam

maiwanews – Presiden Joko Widodo menyampaikan pemerintah sangat terbantu dengan adanya berbagai aksi solidaritas dan kepedulian sosial dari Ormas-Ormas Islam serta inisiatif dari masing-masing umat.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Selasa 19 Mei saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) melalui konferensi Video dari Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Jokowi mencontohkan aksi sosial Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam termasuk pemanfaatan zakat, pemanfaatan infak, pemanfaatan shadaqah untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Aksi solidaritas dan kepedulian sosial Ormas Islam diharapkan bisa terus berlanjut dan meluas agar menjadi sebuah gerakan besar dalam rangka meringankan beban bagi yang membutuhkan.

Presiden Jokowi juga meminta agar dalam penerapan protokol kesehatan maupun aturan-aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) betul-betul dijelaskan, diberikan pemahaman, disosialisasikan karena pemerintah tidak melarang untuk beribadah. Justru pemerintah mendorong setiap umat beragama meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadahnya.

Yang dihimbau dan diatur, kata Presiden Jokowi adalah aktifitas ibadah dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Pemerintah juga dikatakan sudah sering menyampaikan anjuran menunaikan ibadah di rumah. (Setkab/FID/EN)