Jokowi Resmikan Bandara Buntu Kunik Toraja Sulsel

maiwanews – Presiden Joko Widodo Kamis 18 Maret meresmikan bandara Toraja atau dikenal juga dengan nama Buntu Kunik di Kabupaten Tana Toraja. Kegiatan dilakukan di sela kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi (sapaan akrab Joko Widodo) menyampaikan rasa syukur karena bandara tersebut bisa diresmikan dan sudah beroperasi. Dengan adanya bandara ini waktuh tempuh dapat dipangkas. Biasanya dari Kota Makassar butuh waktu sembilan jam. “Tadi saya nyoba dengan (pesawat) ATR 50 menit”, ungkapnya.

Bandara Toraja dengan anggaran kurang lebih Rp800 miliar itu dibangun dengan memangkas tiga buah bukit untuk landasan pacu sepanjang 2000 meter dengan lebar 30 meter.

Diperkirakan dalam setahun bandara Toraja dapat menampung 45 ribu penumpang dengan luas gedung terminal mencapai 1152 meter persegi.

Dengan adanya sarana transportasi ini diharapkan sektor pariwisata akan meningkat. Tidak meutup kemungkinan dari Bali, Jakarta, atau Bandung bisa langsung ke Tana Toraja untuk menikmati berbagai destinasi wisata seperti Negeri di atas Awan, melihat Kete Kesu, maupun Pango-Pango. (BPMI Setpres)