Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan Jawa Timur

maiwanews – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Minggu 14 Februari meresmikan sekaligus meninjau Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya Presiden Jokowi (sapaan akrabnya) mengatakan dengan adanya Bendungan Tukul diharapkan memperkuat ketahanan pangan dan air. Infrastruktur itu juga diharap memberi keuntungan dan nilai tambah bagi daerah dan masyarakat.

Dengan menelan biaya sebesar Rp916 miliar, Bendungan Tukul mulai dibangun sejak enam tahun lalu. Letaknya di Sungai Telu, Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari. Mampu menampung 8,68 juta meter kubik.

Bendungan Tukul memberikan manfaat diantaranya mengairi irigasi 600 hektare, menyediakan air baku 300 liter per detik, mengurangi potensi banjir hingga 44,86 meter kubik per detik, konservasi sumber daya air, dan berpotensi menghasilkan listrik sebesar 0,26 megawatt.

Sebelum Bendungan Tukul, Presiden Jokowi telah meresmikan beberapa bendungan lainnya. Di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah diresmikan Bendungan Rotiklot, dan di Nusa Tenggara Barat (NTB) diresmikan Bendungan Tanju dan Bendungan Mila.

Selain itu juga telah diresmikan Bendungan Teritip di Kalimantan Timur, Gondang di Jawa Tengah, Sei Gong di Kepulauan Riau, dan Nipah di Jawa Timur. Beberapa bendungan lain siap diresmikan diantaranya Napungete di NTT, Tapin di Kalimantan Selatan, dan Sindangheula di Banten. (BPMI Setkab)