Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung Sulawesi Utara

maiwanews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol pertama di Sulawesi Utara, Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu. Peresmian pada Selasa 29 September itu dilakukan secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan jalan tol sepanjang 26 kilometer dan sudah bisa digunakan untuk kemudahan transportasi dan menunjang kegiatan usaha. Jalan tol Manado-Bitung totalnya sepanjang 40 kilometer merupakan tol terpanjang di pulau Sulawesi.

Pembangunan tol tersebut menelan biaya hingga 5,12 triliun. Untuk ruas Manado-Airmadidi (15 kilometer) didanai oleh APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Adapun ruas Airmadidi-Bitung (25 kilometer) dilaksanakan oleh PT Jasa Marga dengan skema KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha).

Jalan tol ini memangkas waktu tempuh serta menekan biaya logistik dari Pelabuhan Internasional Bitung. Dirancang untuk terintegrasi dengan kawasan industri dan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut). Dengan demikian kawasan tersebut lebih mudah dijangkau, terkenal, dan mudah dikembangkan. (Setkab/TGH/UN)