Jokowi Tinjau Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman

maiwanews – Presiden Indonesia Joko Widodo Jumat 11 Juni didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau perkembangan proses pembangunan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman. Kegiatan dilakukan di sela kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah.

dalam keterangannya, Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengatakan ia mengunjungi Kabupaten Purbalingga untuk melihat sejauh mana perkembangan pembangunan bandara (bandar udara) tersebut. Ia mengatakan landasa pacu (runway) telah rampung sepanjang 1.600 meter dengan lebar 30 meter.

Bandara tersebut memiliki fasilitas apron seluas 100×76 meter, jalan penghubung antara apron denganlandasan pacu sepanjang 70×13 meter. Dengan fasilitas saat ini, bandara Jenderal Besar Soedirman dapat melayani pesawat twin propeller seperti ATR 72-600.

Landasan pacu bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga itu akan dikembangkan menjadi 2.200 meter agar dapat menjadi tempat pendaratan pesawat-pesawat berbadan besar seperti Airbus 320 dan Boeing 737-800 atau 737-900.

Pengoperasian bandara telah dilakukan meski pembangunan terminal penumpang belum rampung. Menurut Presiden Jokowi, hal itu lebih produktif dibanding harus menunggu terminal selesai dibangun, untuk sementara menggunakan terminal darurat.

Presiden Jokowi berharap dengan adanya bandara tersebut akan menggerakkan perekonomian tidak hanya di Kabupaten Purbalingga, tapi juga di daerah sekitarnya. Selain itu bandara Jenderal Besar Soedirman diharapkan membuat mobilitas orang, barang, dan logistik menjadi lebih baik. Ini juga dapat memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi. (z/BPMI Setpres)