Jubirnya Positif COVID-19, Mike Pence Jaga Jarak Aman dari Trump

maiwanews – Pihak berwenang Gedung Putih mengkonfirmasi bahwa Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence memutuskan untuk menjaga jarak secara fisik dari Presiden Donald Trump. Langkah ini sebagai bentuk kewaspadaan dan antisipasi penularan COVID-19.

Juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany Selasa 12 Mei kepada wartawan mengatakan “Wakil presiden memilih untuk menjaga jarak selama beberapa hari, setelah juru bicara Pence, Katie Miller, Jumat (8/5), lalu dinyatakan positif Covid-19”.

Dalam sebuah kesempatan misalnya, hari Senin 11 Mei Wakil Presiden (Wapres) Pence tidak hadir ketika Presiden Amerika Serikat (AS) Trump mengadakan konferensi pers di Rose Garden, Gedung Putih dalam rangka mempromosikan rekor pemerintah dalam pengujian virus korona.

McEnany dalam kesempatan konferensi pers terebut juga mengkonfirmasi ulang, perkiraan bahwa pada akhir minggu ini, dilakukan uji Corona Virus Disesase 2019 (COVID-19) terhadap 10 juta orang di Amerika.

Lebih lanjut McEnany mengklaim bahwa setiap negara bagian AS lebih baik daripada Korea Selatan (Korsel) saat ini dalam hal pengujian virus korona.

Terkait jumlah korban meninggal akibat COVID-19, 29 negara bagian telah mencatat angka lebih tinggi daripada semua negara Asia.

Korea Selatan, negara dengan populasi sekitar 52 juta jiwa, melaporkan kurang dari 300 kematian.

Amerika dengan penduduk 328 juta jiwa, mencatat 81.000 lebih korban jiwa akibat pandemi virus korona, ini merupakan jumlah paling tinggi dibandingkan negara lain di dunia. (VoA/my/pp)