Jumlah Guru PNS Terbanyak di Jakarta, Kalimantan Utara Paling Sedikit

maiwanews – Data Badan Kepegawaian Negara (BKN) per 24 Januari 2017 menyebutkan DKI Jakarta merupakan provinsi dengan jumlah guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) terbanyak, sementara Kalimantan Utara (Kaltara) paling sedikit. Di DKI terdapat 33.037 guru, sedangkan Kaltara hanya 1.116 guru, data tersebut dihimpun oleh Direktorat Pengolahan Data BKN.

Pada tingkat kabupaten, sebaran guru terbanyak di Kabupaten Bandung dengan jumlah 11.657 guru. Sebaran jumlah guru terendah untuk tingkat kabupaten berada di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat, dengan 42 guru. Data tersebut menunjukkan sebaran guru tidak merata di seluruh Indonesia, bahkan timpang.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan Rabu 25 Januari di Jakarta mengatakan BKN siap bersinergi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) serta Kemendikbud untuk melakukan distribusi ulang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur di Jakarta beberapa lalu menyoroti ketimpangan sebaran guru. selepas Rapat Terbatas (Ratas) di Kantor Presiden Kamis 19 Januari, Menteri Asman mengemukakan pendistribusian Aparatur Sipil Negara (ASN) ke daerah akan lebih fokus pada profesi guru.

Dalam Ratas tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak proporsionalnya sebaran guru mempengaruhi distribusi PNS. Pemerintah dikatakan akan melakukan hitung ulang agar penyebaran ASN bisa merata di seluruh Indonesia. (m008/BKN/des/dep)