Kanwilkumham, Dinsos Sulsel Tandatangani MoU Eks Warga Lapas

20210927-penandatanganan-mou-eks-warga-lapas
Penandatanganan MoU terkait eks warga lapas di Makassar. Senin 27 September 2021.

maiwanews – Senin, 27 September 2021, Kantor Gubernur di Ruang Rapat Pimpinan, Kanwil Kemenkumham (Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia) menandatangani Nota Kesepahaman dengan Dinas Sosial Provinsi Sulsel dalam agenda Coffee Morning, disaksikan oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto, menjabarkan, penandatanganan ini terkait dengan Pembinaan, Bimbingan Sosial, Mental Spiritual, dan Pelatihan Kerja bagi Eks Warga Binaan Pemasyarakatan dan Penerima Manfaat. Ia menambahkan ketika warga binaan dari Kemenkumham bebas maka dari Dinas Sosial diharapkan untuk melanjutkan langkah pembinaan/pembinaan berkelanjutan. Karena sementara ini dari 10.400 warga binaan merupakan sebagian besar warga Sulsel.

Plt Gubernur Sulsel, menjelaskan, penandatanganan tersebut sebagai bentuk komitmen bersama. Karena provinsi harus terbuka dan akan terus mendukung semua kegiatan untuk dikerjakan bersama di semua instansi yang ada di Sulsel baik vertikal maupun kabupaten kota. Sebab yang jadi fokus dan objek kita adalah warga Sulsel. Dia menambahkan eks warga binaan dapat dibangun lagi kepercayaannya dengan mendapatkan pembinaan dan keterampilan dari LP (Lembaga Pemasyarakatan) dan dari Dinas Sosial.

Andi Sudirman, mengungkapkan bahwa penghuni LP di Indonesia telah melebihi kapasitas, oleh karena itu ia telah menyiapkan lahan yang akan dibangun untuk membina warga binaan kemenkumham yang seluas 50 hektare.

“Akan ada 50 hektare lahan kita siapkan untuk warga binaan. Sehingga, mereka tidak terkungkung dengan tempat yang sempit,” pungkasnya. (FL/Humas Pemprov Sulsel)