Kapal Selam KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam

maiwanews – Fase pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 dinaikkan dari submiss (hilang) menjadi subsunk (tenggelam). Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers Sabtu 24 April menyampaikan prihatin mendalam dan mendoakan proses pencarian bisa mendapat bukti kuat.

Pada konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Panglima Hadi menyampaikan bahwa operasi Search and Rescue (SAR) telah memasuki hari keempat dimana merupakan batas akhir ketersediaan oksigen bagi seluruh ABK.

Proses pencarian dilakukan bersama antara TNI Angkatan Laut (AL), Kepolisian, Basarnas, KNKT, beserta negara-negara sahabat.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam pernyataannya mengatakan telah ditemukan beberapa barang seperti pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, pelumas periskop kapal selam di botol oranye. Selain itu juga ditemukan peralatan shalat dan spon untuk menahan nafas pada freshroom.

Menurut Kasal Yudo Margono, temuan barang-barang itu menjadi dasar dalam menentukan status dari submiss menjadi subsunk. (TNI AL/Puspen TNI)