Kapolda Jatim Lantik 631 Bintara Remaja

maiwanews – Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta memimpin upacara pelantikan Bintara Remaja di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jatim.

Dalam sambutannya, Nico Afinta menegaskan bahwa Bintara Polri merupakan garda terdepan dalam menjalankan tugas-tugas sebagai polisi. Menurut Kapolda, kehadiran para bintara di tengah masyarakat menjadi cerminan Polri secara keseluruhan.

“Kehadiran saudara akan menjadi cerminan Polri secara keseluruhan,” kata Kapolda Jatim di Mojokerto, Senin, 28 Juni 2021.

Irjen Pol Nico menambahkan saat ini banyak bemunculan jenis kejahatan berdimensi baru dan ini merupakan tantangan Polri untuk menjaga Kamtibmas serta sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Dia menambahkan, Institusi Polri Harus didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal yang dapat memenuhi tugas serta perannya. Melalui pendidikan pembentukan Bintara Polri, merupakan salah satu upaya yang ditempuh untuk mendapatkan SDM yang unggul dan handal.

Polda Jawa Timur telah melaksanakan pendidikan di SPN mojekerto yang diikuti 631 Bintara Remaja, yang lulus dan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua. Untuk mendapatkan sosok anggota Polri yang profesional, bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik, para Bintara Polri itu telah dilatih, dididik dan ditempa dengan berbagai teori dan praktek.

Hal tersebut lanjut Kapolda, harus digunakan dengan baik dalam berbagai tugas dilapangan. Namun demikian imbuhnya, dengan waktu pendidikan yang sangat singkat ini belum cukup mampu untuk dapat membentuk petugas lapangan cakap dan handal.

Kapolda menambahkan, ke depan diperlukan upaya pengembangan kemampuan diri yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan, sehingga pelaksanaan tugas Polri akan dapat terselenggara dengan baik.

Nico Afinta berharap, para Bintara Polri mampu mengubah wajah Polri, mampu memenuhi harapan masyarakat. Berorientasi kepada kepentingan masyarakat. Berbasis pada hukum yang berkeadilan, menghormati hak asasi manusia, serta mengawal proses demokrasi. khususnya dalam melaksanakan tugas pokok Polri dalam menegakkan hukum.

“Saya berharap saudara mampu mengubah wajah Polri, mampu memenuhi harapan masyarakat yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat serta berbasis pada hukum dan keadilan,” Pungkas Kapolda.(FL/Kominfo Jatim)