Kapolri: Lewat Mekanisme Restorative Justice, 11.811 Kasus Selesai di 2021

20210820-jenderal-pol-listyo-sigit-prabowo
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo 

maiwanews – Pimpinan Polri saat ini senantiasa meminta jajarannya mengedepankan mekanisme Restorative Justice dengan mediasi antara pelaku dan korban dalam menegakkan hukum. Hasilnya, sebanyak 11.811 perkara diselesaikan melalui mekanisme tersebut.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, ke depan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik dan menyentuh keadilan masyarakat, penyelesaian perkaranya agar lebih banyak dilakukan di luar jalur hukum atau peradilan .

“Ke depan, kasus-kasus yang menjadi perhatian publik, yang menyentuh keadilan masyarakat, semakin hari dapat diselesaikan dengan Restorative Justice,” kata Listyo dalam keterangannya, Rabu (12/1).

Lebih kanjut Listyo menjelaskan, dari 11.755 perkara yang rampung lewat mekanisme Restorative Justice, diselesaikan pada tingkat Polda. Semenrara 56 perkara lainnya ujat Kapolri, diselesaikan di tingkat Bareskrim.

Jumlah penanganan kasus dengan cara itu ujar Kapolri, meningkat bila dibandingkan pada 2020. Dikatakan Kapolri, peningkatannya signifikan yakni mencapai 28,3 persen dari 9.199 perkara menjadi 11.811 perkara.

Menurut Kapolri, pendekatan keadilan restoratif merupakan upaya berbeda dalam memahami dan menangani tindak pidana sebagai syarat adanya suatu kondisi tertentu

Pendekatan itu kata Listyo, merupakan salah satu program kerja yang dicanangkan untuk mengikuti dinamika perkembangan dunia hukum yang mulai bergeser dari positivisme ke progresif.

Restorative Justice sambung Kapolri, mensyaratkan keseimbangan dan fokus perhatian antara kepentingan pelaku dan korban. Selain itu ujarnya, dalam penyelesaiannya aparat memperhitungkan perkara pidana tersebut dalam masyarakat.

Sebelumnya, pendekatan Restorative Justice mengemuka lewat surat edaran Kapolri nomor SE/2/II/2021 tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat dan Produktif tertanggal 19 Februari 2021.

BERITA LAINNYA

.