Kapolri: Pelapor Ahok, FPI Minta Tunda Pemeriksaan Selasa Pekan Depan

maiwanews – Proses hukum terhadap dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sedang berjalan di Bareskrim Polri.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pihaknya telah melakukan poses penyelidikan diantaranya memintai keterangan sejumlah saksi, ahli, dan pelapor dalam kasus yang menyeret Ahok ini.

Salah satu pelapor yang masih akan dihadirkan kata Kapolri, yaitu perwakilan dari Front Pembela Islam (FPI). Namun FPI sambung Tito, menyatakan belum bisa memenuhi undangan penyidik Bareskrim pekan ini.

Kapolri menjelaskan, FPI meminta agar pemeriksaan ditunda pekan depan. “FPI minta ditunda, minta Selasa atau Rabu (pekan ini)” kata mantan Kapolda Metro Jaya itu di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Senin (31/10/2016).

Penundaan oleh FPI itu kata Kapolri patut disesalkan. Pasalnya kata dia, pihaknya ingin agar penanganan kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok, tuntas diproses lebih cepat untuk menyimpulkan apakah ada timdak pidana atau tidak.

Karena itu Kapolri juga menghimbau kepada pelapor lainnya untuk membantu melancarkan proses hukum ini dengan cara datang ke Bareskrim untuk diperiksa tanpa menunggu panggilan.

Kapolri berjanji akan menindaklanjuti setiap laporan dari masyarakat termasuk dugaan penistaan agama oleh Ahok, tanpa pandang bulu semata-mata demi penegakan hukum.

Seperti diketahui, pada tanggal 4 November akan digelar aksi damai besar-besaran yang digagas sejumlah ormas Islam Indonesia guna mendesak Polri untuk segera memproses hukum Ahok atas dugaan penistaan agama.