Ke New York, Menlu Bahas Situasi Afghanistan

20230120-retno-as-bahas-afghanistan-prod19jan2023newyork
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, berdiskusi dengan Duta Besar lintas wilayah untuk PBB di New York pada Kamis (19/01/2023) waktu setempat. Para diplomat membahas situasi di Afghanistan dan Keketuaan Indonesia di ASEAN. (Foto: Koleksi Pribadi)

maiwanews – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, membahas situasi Afghanistan dengan berbagai pihak di New York, Amerika Serikat.

Kunjungan kerja Menlu (Menteri Luar Negeri) Retno ke di New York pada Kamis (19/01/2023) waktu setempat juga terkait pencalonan Indonesia di Dewan HAM (Hak Asasi Manusia), serta berbagi prioritas keketuaan Indonesia di ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) tahun 2023.

Pada kesempatan pertama, Menlu Retno bertemu utusan khusus AS (Amerika Serikat) untuk Afghanistan, Rina Amiri. Pada pertemuan ini keduanya membahas tindak lanjut ICAWE (International Conference on Afghan Women’s Education).

ICAWE merupakan Konperensi internasional pada 9 Desember 2022 di Bali. Kegiatan menghasilkan komitmen politis dan dukungan konkrit untuk pendidikan dan pemberdayaan perempuan Afghanistan.

Kepada Rina Amiri, Menlu Retno menyampaikan pentingnya menjajaki metode pendidikan alternatif di Afghanistan. Metode alternatif tersebut anta lain pendidikan informal, daring, maupun dialog antar pemuka agama negara Islam dengan Afghanistan.

Pada kesempatan lainnya, Menlu Retno bertemu para Wakil Tetap negara-negara berpengaruh terkait isu Afghanistan di PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Negara-negara tersebut antara lain AS, Inggris, Rusia, RRT (Republik Rakyat Tiongkok), Pakistan, Turki, serta negara donor seperti Jerman dan Swiss. (z/Kemlu RI)