Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Indramayu

maiwanews – Senin 29 Maret sekitar pukul 01:59 WIB terjadi kebakaran kilang minyak milik PT Pertamina di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Kebakaran terjadi pada tiga unit tank product premium 42 T 301 A/B/C.

Sebanyak 912 jiwa diungsikan, 220 orang di GOR Kompleks Pertamina Bumi Patra, 300 di di Pendopo Kantor Bupati Indramayu, dan 392 jiwa di Gedung Islamic Center Indramayu. Adapun jumlah korban, berdasarkan data hingga pukul 08:00 WIB yaitu 5 orang luka berat, 15 luka ringan, dan 3 orang dalam pencarian.

Laporan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, menyebutkan bahwa dampak bencana itu dirasakan pada lima desa, masing-masing adalah Desa Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Balongan, Desa Sukaurip, dan Desa Tegalurung.

Untuk mengamankan penduduk, BPBD Kabupaten Indramayu mendirikan tenda satgas, memberikan bantuan logistik, serta membantu warga mengungsi. Dalam hal evakuasi, BPBD Kabupaten Indramayu berkoordinasi dengan TNI/Polri dan Basarnas setempat. (BNPB)