Kedubes Iran Minta Mahasiswanya Tinggalkan Rusia

maiwanews – Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Moskow Rusia meminta mahasiswanya untuk kembali ke rumah karena khawatir tentang wabah virus corona.

Kedubes Iran di Moskow Rusia. (Foto: NVO)

“Mengingat wabah virus korona di Rusia dan kekhawatiran tentang kemungkinan wabah penyakit di asrama universitas dan dengan mengacu pada pemberitahuan sebelumnya”, demikian isi pengumuman Kedutaan Besar Iran.

Lebih lanjut disampaikan, “Kami menyarankan siswa Iran yang terhormat untuk memprioritaskan perlindungan kesehatan mereka dan kembali ke Iran sampai akhir dari epidemi dan situasi sudah membaik”.

Kedutaan Besar juga mencatat bahwa upaya telah dilakukan untuk mengoperasikan satu atau dua penerbangan satu arah setiap pekan dari Moskow ke Teheran untuk memulangkan warga negara Iran.

Pengumuman itu juga mengingatkan warga Iran bahwa keputusan apa pun terkait kebijakan membuka kembali perbatasan Rusia dan mengizinkan orang asing memasuki Rusia lagi akan berada dalam lingkup otoritas di Moskow.

Awal bulan ini, Kantor Konsultasi Ilmiah dan Administrasi Siswa Iran di Rusia, Belarus, Ukraina dan Asia Tengah menyarankan mahasiswa Iran di Rusia untuk kembali ke Iran di tengah pandemi dan melanjutkan pendidikan mereka melalui pembelajaran jarak jauh.

Pengumuman Kedubes Iran menekankan suramnya prospek untuk penyelesaian masalah coronavirus di Rusia dalam jangka pendek, mengatakan kondisi seperti itu bahkan bisa berlanjut ke semester berikutnya. (Tasnim)