Kelurahan Tetebatu Gowa Sulsel Siapkan Wifi Gratis untuk Siswa Kurang Mampu

maiwanews – Sejak wabah COVID-19 menyerang, sistem pembelajaran tatap muka ditiadakan. Kemudian diganti dengan sistem pembelajaran online atau daring. Sistem ini mengharuskan siswa memiliki kuota internet. Sedangkan kondisi sekarang sedang susah. Banyak orang tua kesulitan dan imbasnya dirasakan oleh siswa.

Rustam Siddiq SE, M.Si, Selaku Lurah Tetebatu berinisiatif menyediakan akses wifi gratis dan ruang untuk belajar daring bagi siswa kurang mampu di wilayah setempat. Kebijakan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kelurahan Tetebatu Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan dalam menyikapi permasalahan dalam dunia pendidikan di wilayahnya akibat dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“karena selama pandemi covid-19 ini anak sekolah itu belajar online sehingga kami punya pemikiran mending memanfaatkan halaman belakang kantor lurah untuk anak-anak belajar daring dengan memfasilitasi mereka dengan wifi gratis untuk belajar, karena melihat hampir semua kelas ekonomi merasakan dampak covid ini, apalagi yang ikut belajar online betul-betul keluarga tergolong tidak mampu”, ungkap Lurah Rustam Rabu 26 Agustus.

“Untuk sistem pembelajaran daring, Lurah Tetebatu juga melaksanakannya di halaman belakang kantor lurah dengan dibantu oleh Mahasiswa KKN UMI dan kadang juga saya menjadi gurunya. Kegiatan belajar online dan daring ini dilaksanakan pagi jam 07.30 wita, kadang juga ada yang melanjutkan belajarnya pada malam hari karena di belakang kantor ada gazebo dan rumah pohon yang dibangun oleh Karang Taruna Kelurahan Tetebatu”, tutur Lurah Rustam.

Prosesnya, Pemerintah Kelurahan Tetebatu tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan cara mengatur jarak siswa yang mengikuti pembelajaran online maupun daring di Kelurahan Tetebatu. “Tetap kita atur jaraknya dengan menjaga sosial distancing dan physical distancing-nya”, kata Lurah Rustam. (maiwanews/andik)