Kepala Badan Nuklir PBB akan Berkunjung ke Iran

20211112-rafael-mariano-grossi
Direktur Jenderal IAEA Rafael Mariano Grossi dalam pengarahan pers pada Konferensi Fukushima. Kantor pusat IAEA, Wina, Austria, Jumat 12 November 2021.

maiwanews – Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/IAEA) Rafael Mariano Grossi akan mengunjungi Iran dalam waktu dekat, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh. Tasnim News Agency melaporkan Senin 15 November.

Dalam komentar pada konferensi pers pada hari Senin (15/11/2021), Khatibzadeh mengatakan Iran telah mengusulkan tanggal perjalanan pengawas nuklir PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) itu ke Teheran.

Direktur jenderal IAEA dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dan Kepala Organisasi Energi Atom Iran (Atomic Energy Organization of Iran/AEOI) Mohammad Eslami dalam kunjungan mendatang.

Grossi telah berkonsultasi erat dengan Organisasi Energi Atom Iran dan dengan para pejabat di Kedutaan Besar Iran di Wina, kata Khatibzadeh.

Kamis 28 Oktober lalu Rafael Grossi telah menyatakan harapannya bertemu dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi untuk membangun hubungan saling percaya dan percaya diri.

Dalam wawancara dengan Euronews di Brussels Kamis 28 Oktober, Grossi menegaskan hubungan dengan Iran adalah hubungan permanen, tidak didasarkan pada kesepakatan nuklir 2015 (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA) atau hal-hal lain. Ini hubungan permanen berdasarkan keanggotaan mereka pada Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir, perjanjian tersebut mengharuskan semua negara di dunia untuk memiliki sistem inspeksi. (i)