Ketua KPU Tegaskan Tetap Konsisten Laksanakan Pemilu 2024

maiwanews – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra menegaskan bahwa pihaknya tetap berkomitmen untuk terus melanjutkan dan menggelar Pemilu di tahun 2024 mendatang.

“Sampai saat ini KPU konsisten untuk melanjutkan pemilu 2024 yang akan datang,” kata Ilham kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Senin (21/3).

Penegasan itu disampaikan Ilham merespons pernyataan wartawan soal isu yang soal kemungkinan penundaan Pemilu 2024 mendatang.

Ilham menegaskan KPU sebagai penyelenggara pemilu bekerja sesuai konstitusi dan peraturan perundang-undangan berlaku.

Ilham luga mengomentari soal beredar undangan rapat penundaan Pemilu 2024 yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) beberapa waktu lalu.

Ilham menyatakan, acara itu sudah dibatalkan. “Saya ngak tau. Tanya Menko Polhukam. Itu sudah dibatalkan, sudah selesai,” kata dia.

Di sisi lain, Ilham mengatakan pihaknya sudah rampung menyusun rancangan peraturan KPU (PKPU) tentang Tahapan, Jadwal dan Program Pemilu 2024. Ilham berharap, rancangan itu bisa segera disepakati DPR hingga nantinya disahkan sebagai PKPU.

Ilham juga menyatakan sudah mengajukan anggaran kepada DPR terkait Pemilu 2024 dan berharap anggaran dibahas dan mengundangkan PKPU soal Tahapan Jadwal Dan Program.

“Kita harap gini, dalam bahas anggaran kita harus mengundangkan PKPU soal Tahapan Jadwal Dan Program. Karena basenya itu. Semoga smooth. Dan nanti KPU yang terpilih bisa melanjutkan pembahasan terhadap beberapa PKPU lain,” tutup Ilham.