Kim akan Tingkatkan Hubungan dengan China

Kim Jong Un dalam kunjungan ke Berlin Jerman, 30 Maret 2017. (Foto: driver Photographer)

maiwanews – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un Kamis 1 Juli menegaskan akan meningkatkan hubungan bilateral dengan China. Pernyataan Kim disampaikan dalam sebuah pesan kepada Presiden China Xi Jinping dalam rangka peringatan 100 tahun Partai Komunis China.

Persatuan kuat antara Partai Buruh Korea Utara dengan Partai Komunis China akan meningkatkan persahabatan kedua negara. Ia mengatakan bahwa fitnah dan tekanan kekuatan musuh terhadap Partai Komunis China adalah upaya terakhir kekuatan itu. Kekuatan itu dikatakan tidak akan mampu mengekang kemajuan China.

Pernyataan Kim disampaikan sehari setelah ia menyatakan bahwa penyimpanan dalam upaya penanggulangan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) mengakibatkan krisis besar. Atas pernyataan itu muncul spekulasi bahwa Korut sedang butuh bantuan internasional, termasuk kebutuhan akan vaksin.

Korut telah mengambil kebijakan-kebijakan untuk menahan laju penularan virus corona, salah satunya adalah menutup perbatasan, termasuk dengan China. Sedangkan 90 persen perdagangan Korea Utara dilakukan melalui China/Tiongkok. (z/VOA)