Kim Jong Un Kunjungi Kota Baru Dekat Perbatasan China

20181006-kim-jong-un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

maiwanews – Kantor berita Korea Utara KCNA (Korea Central News Agency) Selasa 16 November melaporkan Kim Jong Un berkunjung ke sebuah kota baru. Kota ini sedang dalam proses pembangunan, terletak di dekat perbatasan dengan China. Kemunculan pemimpin Korea Utara (Democratic People’s Republic of Korea/DPRK) itu di depan publik adalah pertama kali sejak sebulan lebih.

Kota di Pegunungan Utara Samjiyon itu akan dijadikan sebagai pusat ekonomi raksasa. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk apartemen, hotel, resor ski, serta berbagai fasilitas komersil, budaya, dan medis lainnya.

Dalam kunjungannya, Kim memeriksa tahap terakhir konstruksi kota. Pembangunannya dijadwalkan selesasi akhir tahun ini. Sebelumnya pembangunan sempat tertunda akibat sanksi internasional dan merebaknya pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Samjiyon dikatakan berubah menjadi contoh kota modern, pembangunannya memberikan pengalaman dalam hal konstruksi, desain, dan teknologi. Kota tersebut merupakan salah satu inisiatif terbesar Pyongyang dalam upaya mencapai kemandirian ekonomi menghadapi sanksi internasional.

Tidak ada keterangan tanggal kunjungan Kim ke kota baru tersebut, tapi ini kemunculannya pertamanya di depan publik sejak berpidato dalam sebuah pameran pertahanan lebih dari sebulan lalu. (VOA)