Koalisi 4 Partai Resmi Usung Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni

maiwanews – Empat partai politik (parpol) yang disebut-sebut sebagai poros Cikeas atau SBY secara resmi mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk didaftarkan di KPU.

Empat parpol yang terdiri dari Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN itu kepada wartawan menyatakan sepakat mengusung Agus Harimurti Yudhoyono yang berpasangan dengan Sylviana Murni.

Hal itu disampaikan para petinggi empat partai yakni Wakil Ketua Umum Demokrat Syarif Hasan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Romahurmuzi, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Puri Cikeas, Jumat (23/9/2016) dinihari WIB.

Dengan keputusan empat parpol itu, maka hampir bisa dipastikan bahwa dalam pemilihan gubernur (pilgub) DKI 2017 mendatang, akan ada dua pasangan calon yang akan bertarung melawan calon petahana Ahok-Djarot.

“Ada 3 (calon gubernur DKI) yang bakal maju,” kata Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto kepada wartawan.

Keputusan mengusung Agus tersebut cukup mengejutkan mengingat putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, merupakan perwira menengah TNI aktif berpangkat Mayor.

Dua partai lainnya yakni Gerindra dan PKS yang di saat yang sama juga melakukan pertemuan di kediaman Prabowo Subianto di Sentul dan Jakarta, belum mengumumkan nama pasangan calon yang diusung.

Kedua partai yang disebut sebagai poros Prabowo, diduga kuat tetap mengusung Sandiaga Uno. Beberapa nama lain yang sejauh ini masih dipertimbangkan koalisi ini untuk dipasangkan dengan Sandiaga adalah mantan Mendiknas, Anies Baswedan.