Koalisi Belum Tentukan Cawapres, Anies Baswedan: Bagian dari Strategi

20210921-anies-baswedan-di-gedung-kpk
Anies Baswedan

maiwanews – Koalisi Perubahan yang terdiri dari tiga partai hingga kini belum juga mengumumkan siapa bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

Selain Partai NasDem, bahkan dua partai yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat belum juga melakukan deklarasi Capres untuk Pilpres 2024 mendatang.

Bakal capres Anies Baswedan mengatakan, masih banyak waktu sebelum menentukan cawapres. Menurut Anies, koalisinya masih menunggu pergerakan dan keputusan partai politik lain dalam menghadapi Pilpres 2024.

“Kita sudah tahu siapa saja yang ikut, siapa saja yang kira-kira, nah pada saat ini kita sudah pasti InsyaAllah yang bertiga ini. Karena itu, yang bertiga bereskan dulu bagian kita, sambil kita menunggu, ini bagian dari strategi,” kata Anies di Restoran Pagi Sore, Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Menurut Anies, sebuah langkah prematur ketika sudah memutuskan cawapresnya saat ini. Kendati demikian kata dia, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS telah memiliki kriteria untuk memutuskan sosok yang tepat.

Anies mengatakan, koalisi tak akan mengumumkan pada detik-detik akhir pendaftaran pasangan capres-cawapres. Pengumuman kata dia, akan disampaikan saat minimal ada gambaran terkait pesaingnya di 2024.

“Hari ini gambarannya belum ada sama sekali. Yang sudah lebih jelas bersama itu ini dan keseriusannya ada,” ujar Anies.

Dalam pertemuan tersebut, Anies menyampaikan tiga kriteria cawapresnya yakni dapat membantu pemenangan, membuat koalisi solid, dan memiliki efektivitas dalam pemerintahan jika menang nanti.