Komisi III Akan Tanyai PPATK Soal Rekening Gendut

Benny K Harmanmaiwanews – Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman mengatakan pihaknya akan memanggil Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (KKATK) untuk dimintai keterangan terkait ‘rekening gendut’ Senin, 25 Juli 2010 sore.

Komisi yang yang membidangi hukum itu akan¬† meminta kejelasan soal rekening mencurigakan sejumlah perwira tinggi Polri. “Kita ingin konfirmasi dan meminta kejelasan,” ujar Benny di di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta,¬† Senin, 26 Juli 2010 pagi.

Selanjutnya, Komisi III juga menjadwalkan akan memanggil Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri dan jajarannya segera setelah mendapatkan keterangan dari PPATK itu.

Selain terkait rekening gendut, rapat dengan PPATK yang berlangsung 14.00 wib itu, juga dijadwalkan membahas masaalah lain seperti kasus Gayus Tambunan dan masalah pencucian uang.

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang telah menyatakan bahwa dari 23 rekening mencurigakan milik perwira tinggi Polri, 17 diantaranya tidak bermasaalah.Enam rekening sisanya, dua tengah menjalani proses hukum, sementara 4 tidak terkonfirmasi karena berbagai alasan.

Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri pada kesempatan berikut menegaskan kembali pernyataan Mabes Polri tersebut dengan mengatakan bahwa soal rekening gendut sudah selesai.