Komisi UE akan Usulkan Paspor Hijau Bagi Orang Tervaksin

maiwanews – Komisi Uni Eropa akan mengusulkan diterbitkan paspor hijau agar orang tervaksin bisa melakukan perjalanan bisnis atau wisata di kawasan. Hal itu terungkap dalam cuitan Presiden Komisi Uni Eropa Ursula Von der Leyen Senin 1 Maret.

Dalam akun Twitternya Ursula mengatakan akan mempresentasikan proposal legislatif untuk Digital Green Pass bulan ini. Tujuannya adalah untuk menyediakan: (1) Bukti bahwa seseorang telah divaksinasi (2) Hasil tes bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin dan (3) Informasi tentang pemulihan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Dengan adanya paspor hijau, Ursula berharap dapat membantu negara-negara Uni Eropa membangun industri pariwisata. Ia menekankan keberadaan Digital Green Pass nantinya tetap menghormati perlindungan data, keamanan, dan privasi.

Usulan ini menimbulkan perdebatan di kalangan Uni Eropa, sebagian beranggapan wacana itu masih terlalu dini. Sebagian lainnya beranggapan paspor hijau tidak memenuhi keadilan karena dengan demikian orang hanya dapat melakukan perjalanan jika memiliki akses ke vaksin korona. (VOA)