Koramil Ambalau dan Relawan Cek Titik Api di Desa Nanga Ambalau

maiwanews – Personel Koramil Ambalau bersama relawan Manggala Agni dan Satgas Huma melakukan patroli pengecekan titik api. Patroli pada Jumat 21 Agustus itu dilakukan di desa Nanga Ambalau Kecamatan Ambalau Kabupaten Sintang.

Sebelumnya, terdeteksi titik api melalui satelit. Berdasarkan pantauan satelit itu, patroli dilakukan untuk memastikan secara langsung di lapangan.

Dari hasil pengecekan oleh Babinsa ditemukan lahan terbakar seluas 1 Ha, namun kondisi api sudah padam. Lahan itu merupakan lahan keras milik masyarakat, rencananya akan ditanami padi. Demikian disampaikan Pj. Danramil Ambalau, Serma R. Gazali.

Serma Gazali menambahkan, pihaknya menghimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan karena itu merugikan masyarakat sendiri. Masyarakat juga diminta waspada terhadap terjadinya kebakaran, terlebih karena sekarang ini sudah memasuki musim kemarau.

Sehari sebelumnya, si jago merah melahap lahan milik salah seorang warga di Perumahan Bajurung, Jalana Sudiro, Kelurahan Nanga Bulik, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau. Personel Koramil Bulik, Kodim 1017/Lamandau dan Damkar beserta Satgas Huma dan Masyarakat Lamandau langsung turun ke lokasi untuk memadamkan api. (Kodam XII)