Korsel Sukses Uji Coba Peluncuran Misil Balistik Kapal Selam

20020708-kapal-selam-korea-selatan-korsel-na-dae-yong-kelas-chang-bogo
Kapal selam Korsel Na Dae Yong kelas Chang Bogo. Senin 8 Juli 2002.

maiwanews – Korea Selatan (Korsel) Rabu 15 September berhasil melakukan uji coba peluncuran misil balistik kapal selam. Kesuksesan itu menjadikan Korsel sebagai negara ketujuh di dunia dengan kemampuan meluncurkan rudal (peluru kendali) kapal selam.

Kantor Kepresiden Korsel (biasa juga disebut sebagai Gedung Biru) dalam pernyataannya menyebutkan misil ditembakkan dari kapal selam Ahn Chang-ho dan mengenasi sasaran susuai rencana. Uji coba itu disaksikan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Upaya Korea Selatan dalam meningkatkan kemampuan militer dipengaruhi oleh kemungkinan timbulnya ancaman dari tetangganya di Utara. Korea Utara (Korut) disebut memiliki senjata nuklir.

Militer Korea Selatan juga ingin mengamankan transfer kendali operasional dari Amerika Serikat (AS) dalam situasi perang sesuai dengan perjanjian aliansi mereka.

Gedung Biru menyebut kemampuan misil balistik kapal selam (submarine-launched ballistic missile/SLBM) penting dimiliki untuk menghadapi ancaman. Penguasaan atas teknologi peluncuran rudal dari kapal selam diharapkan memainkan peran utama dalam pertahanan.

Penegmbangan misil kapal selam Korea Selatan dilakukan seiring dengan penghapusan pembatasan oleh pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden tahun ini. Selama 42 tahun Washington membatasi Korsel mengembangkan rudal maksiumal hingga 800 km.

Sementara Korsel berada dalam pembatasan, tetangganya di Utara mengembangkan teknologi misil kapal selam. Dalam parade militer bulan Januari Korut memamerkan empat perangkat rudal kapal selamnya. (z/VOA)