KPK Sudah Bisa Tancap Gas Lebih Kencang Berantas Korupsi

maiwanews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah bisa bisa tancap gas lebih kencang dalam upaya pemberantasan korupsi baik pencegahan maupun penindakan. Hal itu disampaikan komunikolog Emrus Sihombing Selasa 1 Juni malam kepada maiwanews.

Opini malam Emrus disampaikan menyusul lolosnya 1.271 pegawai KPK dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan resmi dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri pada pelantikan itu bahwa setiap insan KPK jangan ragu dalam pemberantasan korupsi tanpa pengaruh kekuasaan, dinilai Emrus sebagai simbol komunikasi verbal dan konkrit. Pernyataan Ketua KPK menunjukkan ketegasan bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak akan padam.

Emrus mengemukakan pemberantasan korupsi akan semakin sistematis, terarah, profesional, dan independen berbasis hukum positif. Komitmen dan semangat sebagaimana disampaikan Ketua KPK juga mengandung makna jangan ada tindak korupsi baik di eksekutif, legislatif, dan judikatif, baik melibatkan swata ataupun tidak.

Untuk menjaga reputasi, Emrus menilai perlu tetap dilakukan pengawasan oleh Inspektorat KPK untuk menghindari ASN berbuat nakal seperti mencuri barang bukti.

Kepada Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Emrus menyarankan untuk mengedepankan tugas dan fungsinya utamanya, yaitu mendoakan seluruh insan KPK agar memperoleh kesehatan dan berkat dari Tuhan. (Emrus)