KTT G20 Rencana Digelar Secara Virtual

maiwanews – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 rencananya akan digelar secara virtual. Arab Saudi dalam sebuah pernyataan Senin 28 September mengatakan petemuan para pemimpin kelompok ekonomi utama itu dijadwalkan tanggal 21 hingga 22 November.

Pertemuan puncak itu akan fokus pada upaya untuk melindungi keselamatan manusia. Pertemuan itu jugaakan membahas upaya pemulihan pertumbuhan dengan mengatasi kerentanan akibat pandemi (Corona Virus Diesase 2019/COVID-19) serta dengan meletakkan fondasi bagi masa depan lebih baik.

Dalam hal penanganan virus korona, sejauh ini G20 dikatakan telah menyalurkan dana lebih dari 21 miliar dolar untuk mendukung produksi, distribusi, dan akses ke diagnostik, penyembuhan, dan vaksin.

Selain itu, dana sebesar 11 triliun dolar disalurkan untuk mengamankan ekonomi global dan meluncurkan inisiatif penangguhan hutang bagi negara-negara miskin. Dengan suntukan dana tersebut negara-negara miskin dimungkinkan untuk menunda pembayaran utang jatuh tempo tahun ini sebesar 14 miliar dolar.

G20 secara resmi bernama The Group of Twenty Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Kelompok ini beranggutakan 19 negara ekonomi maju ditambah Uni Eropa.

G20 dibentuk tahun 1999, forum ini secara sistematis menghimpun kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia. G20 melakukan pertemuan pertama kali di Berlin 15-16 Desember 1999, menteri keuangan Jerman dan Kanada menjadi tuan rumah saat itu. (VOA/vm/pp+Wikipedia)