KTT NATO di Madrid, Para Pemimpin Sepakat Perkuat Pertahanan

20220701-ktt-nato-di-madrid-spanyol-pub30jun2022
Para pemimpin NATO pada hari kedua KTT di Madrid, Spanyol,, 30 Juni 2022. KTT berlangsung selama dua hari, 29-30 Juni 2022. (Foto: NATO)

maiwanews – Negara-negara naggota NATO sepakat menyetujui langkah-langkah baru untuk memperkuat pencegahan dan pertahanan aliansi, mengingat krisis keamanan paling serius dalam beberapa dekade.

Aliansi akan meningkatkan pasukan kesederhanaan tinggi menjadi lebih dari 300.000 tentara. Saat ini ada lebih dari 40.000 tentara di bawah komando NATO langsung, didukung oleh aset udara dan angkatan laut.

Langkah ini merupakan bagian dari perombakan terbesar pertahanan kolektif dan pencegahan NATO (North Atlantic Treaty Organization/Pakta Pertahanan Atlantik Utara) sejak perang dingin.

Grup tempur NATO di bagian Timur aliansi akan diperkuat, meningkatkannya ke tingkat brigade. Di bawah rencana baru, aliansi juga akan membuat lebih banyak peralatan dan persediaan senjata termasuk pertahanan udara, serta memperkuat komando dan kontrol.

“Keputusan di Madrid akan memastikan bahwa aliansi terus menjaga perdamaian, mencegah konflik, dan melindungi rakyat dan nilai-nilai kami”, ungkap Sekjen (Sekretaris Jenderal) NATO Jens Stoltenberg Kamis (30/06/2022). Ia menambahkan, Eropa dan Amerika Utara, berdiri bersama di NATO.

Pada konferensi pers penutupannya, Sekjen Stoltenberg mengatakan bahwa NATO menghadapi situasi keamanan paling serius dalam beberapa dekade. Dia berterima kasih kepada Spanyol karena telah menjadi tuan rumah KTT bersejarah dan mengatakan KTT NATO akan diadakan di Vilnius, Lithuania tahun depan.

KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) NATO tahun ini digelar di Madrid, Spanyol pada 29-30 Juni. KTT ini diikuti kepala negara dan pemerintah dari negara anggota NATO dan mitra utama.

Madrid Summit kali ini membahas masalah keamanan paling mendesak, dan mendukung konsep strategis baru NATO. Pertemuan diadakan dengan tujuan untuk memastikan bahwa NATO terus memenuhi tujuan utamanya dan tanggung jawab terbesar yaitu memastikan pertahanan kolektif untuk negara-negara anggotanya. (z/NATO)