KTT P4G, Jokowi: Lakukan dengan Cara Luar Biasa

maiwanews – Inisiatif P4G tidak dapat dilakukan dengan cara biasa, harus menggunakan cara-cara luar biasa. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Konferensi Tingkat Tinggi Partnering for Green Growth and Global Goals (KTT P4G) 2030 di Korea Selatan, Minggu 30 Mei.

Presiden Jowoki juga menyampaikan bahwa ancaman perubahan iklim dan pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) menjadi peringatak bagi seluruh negara untuk mengembangkan pembangunan berkelanjutan, inklusif, dan berketahanan secara serius. Para pemangku kepentingan harus bermitra memastikan perekonomian, produksi, dan konsumsi berjalan secara berkelanjutan.

Harus diambil langkah fundamental untuk memastikan pembangunan ramah lingkungan. Indonesia dikatakan telah melakukan perencanaan pembangunan rendah karbon. Indonesia juga mendorong pengerahan sumber daya untuk mendukung pembangunan hijau, termasuk dukungan dana dan transfer teknologi.

Di Kalimantan Utara (Kaltara), Indonesia tengah mengembangkan kawasan industri hijau, ini akan menjadi kawasan industri hijau terbesar di dunia. Di kawasan tesrsebut akan dikembangkan diantaranya energi tebarukan.

Kepada setiap negara, Presiden Jokowi memandang perlu memperkuat kerja sama konkret dan segera dilaksanakan. Negara-negara juga didorong untuk menghindari kebijakan proteksionisme berkedok isu lingkungan. (BPMI Setpres)