Kudeta Militer Sudan, Aparat Tangkap PM Abdalla Hamdok

20191222-abdalla-hamdok
PM Sudan Abdalla Hamdok menyampaikan pidatonya pada forum media alternatif di Khartoum Sudan. Minggu 22 Desember 2019.

maiwanews – Militer Sudan Senin 25 Oktober melakukan kudeta dan menangkap PM (Perdana Menteri) Abdalla hamdok untuk kemudian dikenai tahanan rumah. Stasiun televisi lokal Al-HadathTV melaporkan dalam kudeta militer itu pasukan menyerbu kediaman PM Hamdok Senin pagi. Selain PM Hamdok, militer juga menangkap empat menteri kabinet dan satu anggota sipil dari dewan kedaulatan.

PM Hamdok merupakan ekonom dan diplomat, ia diangkat sebagai perdana menteri transisi negara itu pada Agustus 2019. PM hamdok memimpin pemerintahan sementara, mengambil alih kekuasaan setelah penggulingan Omar al-Bashir.

Sejak memegang tampuk kepemimpinan, PM Hamdok harus menghadapi perlawanan dari unsur-unsur militer. 21 September lalu militer dengan tank-tank Toal-Bashirus memblokir jembatan kunci dan berusaha merebut kekuasaan. Namun upaya kudeta itu berhasil dihentikan dan puluhan tentara ditangkap.

Pekan lalu, ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan menyuarakan keprihatinan akan kemungkinan kembalinya kekuasaan militer. Inisiator aksi unjuk rasa itu, Asosiasi Profesional Sudan, pada hari Senin 25 Oktober menyerukan agar publik keluar dan menduduki jalan-jalan untuk melindungi pemerintah transisi di bawah kepemimpinan PM Hamdok. (z/BBG Direct)