Latihan Perang Rusia-Belarus, Su-35 Cegat Pelanggar Wilayah Udara

20220216-pesawat-jet-tempur-su-35-rusia-16feb2022
Jet tempur Su-35 milik Rusia dalam latihan perang bersama “Union Courage 2022” dengan Belarus. Rabu, 16 Februari 2022.

maiwanews – Pesawat tempur Rusia Su-35 mencegat pelaku pelanggaran wilayah udara dalam latihan perang bersama Union Courage 2022 dengan Belarus. Jet tempur pelaku pelanggaran diperankan oleh pesawat Su-30cm milik Angkatan Udara Belarus.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam keterangannya hari Rabu (16/02/2022) mengatakan, awak pesawat tempur Su-35 dari Distrik Militer Timur (Eastern Military District/EMD) diterbangkan dari bandara di wilayah Brest.

Jet tempur Su-35 ditugaskan melakukan pencegatan terhadap pesawat Su-30cm karena telah melanggar wilayah udara Negara Serikat (Union State). Organisasi ini beranggotakan Rusia dan Belarusia, dibentuk mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Setelah lepas landas, Su-35 mendekati target, melakukan identifikasi, kemudian melaporkan situasi melalui radio. Karena dinilai berbahaya, Su-35 melakukan sejumlah manuver dengan tujuan mempersulit pesawat penyusup melanjutkan penerbangan serta menunjukkkan kesiapan tempur.

Karena kesulitan melanjutkan penerbangan, pesawat penyusup (diperankan oleh Su30cm milik Belarus) tidak punya pilihan selain mengikuti perintah untuk mendarat di lapangan terbang Baranovichi. Di bandara itu pesawat diblokir, dan awaknya ditahan oleh unit polisi militer. (z)