Lebih dari $57 Juta Bantuan Terkumpul untuk Amerika Tengah

maiwanews – Bantuan untuk kemanusiaan di Amerika Tengah terkumpul senilai lebih dari $57 juta dalam acara Solidaritas untuk Pengungsi Paksa dan Komunitas Tuan Rumah di Amerika Tengah dan Meksiko. Kegiatan amal berlangsung pada Kamis 10 Juni, demikian disampaikan Penasihat Senior Presiden untuk Migrasi, Amy Pope, hari Kamis.

Acara diselenggarakan bersama oleh Pemerintah Spanyol, Guatemala, dan Kosta Rika dengan dukungan Badan Pengungsi PBB (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR) dan Organisasi Negara-negara Amerika (Organization of American States/OAS).

Bantuan itu merupakan dukungan terbaru dari serangkaian langkah Amerika Serikat (AS) dalam upaya mengatasi akar penyebab migrasi tidak teratur dan memperkuat manajemen migrasi kolaboratif di seluruh kawasan. Melalui mitra organisasi internasional AS, bantuan itu akan diantaranya untuk membantu memenuhi kebutuhan kemanusiaan mendesak.

Pemerintah Amerika Serikat pada acara solidaritas sosial itu diwakili oleh delegasi pejabat senior dari staf Dewan Keamanan Nasional dan Departemen Luar Negeri. Perwakilan AS lebih lanjut menunjukkan keterlibatan kembali dan komitmen multilateral AS untuk bekerja dengan pemerintah mitra, organisasi internasional, dan lainnya untuk mengatasi tantangan migrasi bersama.

Amy Pope menegaskan, kerja sama internasional akan terus menjadi penting untuk migrasi dengan aman, tertib, dan manusiawi, serta manajemen migrasi efisien dan manusiawi. “Amerika Serikat adalah donor kemanusiaan tunggal terbesar di dunia dan kami mendesak orang lain untuk bergabung dengan kami dalam komitmen kami untuk menanggapi kebutuhan orang-orang rentan di seluruh Amerika Tengah dan Meksiko”, ungkap Amy Pope. (z/Deplu AS)